20 Agustus 2008

4. Perancang Mode dan Pencipta Esperanto

Orang-orang Yahudi Diaspora terkenal juga ke seluruh dunia karena keahlian lain. Pertama, beberapa di antaranya - seperti Levi Strauss, Ralph Lauren, dan Calvin Klein - menjadi perancang mode kelas dunia. Kedua, salah seorang di antaranya,L.L. Zamenhof, adalah pencipta Esperanto, suatu bahasa internasional

Perancang-Perancang Mode dan Produsen Parfum Tenar

Celana jins sudah menjadi suatu mode yang mendunia. Ini mencakup Jins Levi dan jins Calvin Klein. Ada juga orang yang memakai pakaian merek Polo dan parfum mereka Obsession, CK One, CK Be, Euphoria Blossom, Euphoria Intense, atau Eternity. Barangkali sedikit saja pemakai yang tahu bahwa jins pertama di dunia yang mengilhami pembuatan jins lainnya adalah jins rancangan dan produksi Levi Strauss. Juga mungkin sedikit orang yang tahu bahwa pakaian bermerek Polo hasil rancangan dan produksi Ralph Lauren. Levi Strauss, Ralph Lauren, dan Calvin Klein adalah beberapa di antara perancang dan pengusaha busana yang produknya mendunia. Barangkali tidak ada yang tahu bahwa semua merek parfum yang disebut tadi adalah produk perusahaan Calvin Klein.

Pencipta blue jeans pertama

Nama asli Levi Strauss (1829-1902) adalah Lob StrauB. Nama aslinya menunjukkan asal-usulnya. Dia dan orang tuanya berasal dari Jerman; sesudah pindah ke Amerika Serikat dan menjadi warga negara di sini, nama asli diubah menjadi Levi Strauss.

Levi Strauss adalah pendiri perusahaan pertama yang memproduksi blue jeans, jins biru. Perusahaannya yang memproduksi jins ini dan kemudian jenis pakaian yang lain, Levi Strauss & Company, didirikan di San Fransisko, Amerika Serikat, pada tahun 1853.

Konon, ilhamnya untuk membuat jins biru berasal dari para pencari dan penggali tambang emas di Kalifornia. Mereka sering mengeluh celana kerja yang mereka pakai dan dibuat dari bahan katun sering sobek dan sakunya juga sobek menjadi dua bagian.

Untuk memenuhi kebutuhan para pencari dan penggali tambang ini akan celana dari bahan kain yang tidak mudah sobek, Levi Strauss membuat celana dari kain terpalyang dipakai untuk membuat layar kapal. Kantung celana dibuat begitu rupa sehingga mustahil sobek. Tapi persediaan kain terpalnya segera habis; jadi, dia memesan sejenis tenunan kain bernama serge dari Nimes, suatu kota di Perancis Selatan. Aslinya, bahan tenunan itu disebut serge de Nimes tapi kemudian disingkat menjadi denim. Jins biru rancangan dan produksi perusahaan Levi Strauss lalu terkenal ke seluruh dunia karena kainnya yang berasal dari denim, semacam kain dril. Kemudian, Levi Strauss & Co. mulai memproduksi jins Levi tenar pertama di San Fransisko dengan memakai kain tenunan buatan suatu pabrik manufaktur di Manchester, New Hampshire, AS.

Apa saja yang dihasilkan masa kini oleh perusahaan tadi? Masa kini, Levi Strauss & Co. tetap beroperasi sebagai suatu perusahaan denim dan kain.

Polo Ralph Lauren

Ralph Lauren (1939-2008), lahir di The Bronx, New York, adalah seorang perancang busana dan eksekutif bisnis berdarah Yahudi asal Amerika Serikat. Tokoh ini terkenal untuk merek kain Polo Ralph Lauren. Ralph Liftshitz, nama masa kanak-kanaknya, menunjukkan asal-usulnya; orang tuanya adalah imigran Yahudi dari Belarus.

Ralph memulai bisnisnya dengan membuka suatu toko yang akan berkembang menjadi suatu usaha besar. Mula-mula, dia menjual dasi kupu-kupu dan dasi rancangannya sendiri dengan label "Polo". Toko ini lalu berkembang sejak akhir 1960-an menjadi suatu kerajaan bisnis, suatu kelompok perusahaan, milik Lauren dengan nilai miliaran dolar AS.

Bisnisnya tetap berkembang. Pada tahun 1984, Ralph Lauren mengembangkan toko utamanya untuk Polo Ralph Lauren. Pada pertengahan 1990-an, Polo Ralph Lauren menjadi suatu perusahaan yang terbuka untuk umum dan berdagang di Bursa Saham New York dengan memakai lambang RL. Menjelang 2007, dia sudah memiliki lebih dari 35 butik di AS.

Apa hobi Ralph Lauren? Dia seorang kolektor mobil klasik. Dia juga membintangi beberapa episode tayangan TV berjudul Friends.

Perancang mode top AS

Calvin Klein dipandang salah seorang perancang mode top Amerika Serikat. Dia membuat namanya terkenal melalui rancangan pakaian olahraga yang bersih dan sederhana dan paling terkenal karena rancangan pakaian-pakaian dalamnya. Dia juga terkenal karena produk parfumnya.

Seperti Ralph Lauren, Calvin Richard Klein (lahir 1942) lahir di The Bronx, New York. Orang tuanya adalah imigran Yahudi-Hungaria.

Calvin Klein secara khusus dikenal karena dua hasil karyanya. Pertama, dia menjadi sangat terkenal melalui jins rancangan dan produksinya yang mencapai popularitasnya yang tinggi akhir 1970-an. Kedua, dia populer juga karena banyak iklan tentang pakaian dalam rancangannya bersifat provokatif. Pakaian dalam ini memakai namanya dan menjadi suatu sukses besar tahun 1980-an.

Nama merek beberapa jangkuan produk paling menonjol Calvin Klein mencakup

  • Calvin Klein (berlabel putih, pakaian olahraga)
  • Calvin Klein Sport (pakaian olahraga)
  • Calvin Klein Jeans (pakaian denim)
  • Calvin Klein Home (seprei, selimut, kain-kain tempat tidur, handuk, karpet lantai kamar mandi, dan koleksi asesori)
  • Calvin Klein Golf (dilancir 2007)
  • Calvin Klein Underwear (koleksi pakaian dalam)

Parfum produksinya mencakup merek-merek berikut:

  • Eternity (untuk pria)
  • Euphoria (untuk pria)
  • Euphoria Blossom (keluaran tahun 2007, untuk wanita)
  • Euphoria Intense (keluaran tahun 2008, untuk pria)
  • CK One, CK Be (untuk pria dan wanita)
  • Obsession

Tapi bisnisnya yang dirintis sejak 1960-an mengalami berbagai hambatan. Tahun 2002, perusahaannya diakuisisi Perusahaan Phillips-Van Heusen.

Ada lagi tiga perancang mode berdarah Yahudi. Mereka mencakup Pauline Trigere, Isaac Mizrahi, dan Kenneth Cole.

Pencipta Bahasa Esperanto

Baru saya tahu pencipta bahasa Esperanto adalah seorang Yahudi Diaspora asal Polandia: Dr. Ludwig L. Zamenhof (1859-1917). Dr. Zamenhof bukanlah seorang ahli bahasa; dia seorang dokter mata. Meskipun demikian, dialah yang menciptakan bahasa Esperanto pada tahun 1887.

Esperanto adalah suatu bahasa buatan manusia, tidak berkembang mengikuti suatu sejarah "alami" atau wajar dari bahasa. Bahasa ini dimaksudkan sebagai suatu bahasa internasional yang dipakai terutama di Eropa. Esperanto memakai kata-kata dasar yang lazim dalam bahasa-bahasa Eropa utama, seperti Inggris, Jerman, dan Perancis. Bahasa ciptaan Zamenhof ini dicirikan di antaranya oleh jabatan kata yang jelas. Misalnya, semua nomina berakhir dengan huruf -o dan semua ajektiva berakhir dengan huruf -a.

PBB mengakui Esperanto sebagai salah satu bahasa resminya. Di Indonesia, ada sedikit orang yang ahli bahasa Esperanto.

Tidak ada komentar: